Senin, 10 Februari 2014

Resep Kue Kacang Tanah


Resep kue kacang saat ini banyak dicari oleh masyarakat. Kue-kue kering yang enak dan menarik menjadi salah satu cemilan yang banyak disukai, apalagi rasanya yang manis membuat anak-anak menggemarinya. Ada berbagai macam jenis dari kue kering salah satunya adalah kue kacang. Rasa dari kue kacang ini tidak terlalu manis tapi gurih dan agak asin. Rasa yang gurih ini dapat membangkitkan selera makan anda.

Selain untuk camilan kue kacang juga biasa disajikan pada saat lebaran. Pada saat menjelang hari raya banyak toko-toko kue yang menyediakan berbagai macam kue. Bagi anda yang tidak mempunyai budget yang cukup banyak untuk membeli kue-kue kering yag biasanya mahal, anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Resep kue kacangsangatlah mudah untuk dipraktekan, bentuknya pun bisa dsesuaikan dengan selera dan keinginan kita.

Cara Membuat Kue Kacang

resep kue kacang
Sebelum membuat kue kacang siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Bahan utama dalam pembuatan kue ini adalah kacang dan tepung terigu. Cetakan yag digunakan bisa berbagai bentuk seperti bulan sabit, bintang, hati atau anda bisa membentuknya secara manual dengan tangan.
Bahan
- 200 gr kacang tanah yang sudah dikupas
- 200 gr tepung terigu
- 250 gr mentega
- 75 gr gula tepung
- ¼ sendok teh garam
- 125 ml minyak goreng
- 1 sendok makan susu bubuk
- ¼ sendok teh baking powder
- 1 sachet vanilla bubuk
- 1 butr kuning telur untuk olesan
- 2 butir kunig telur unuk adonan
Langkah Membuat
1. Kacang tanah yang sudah dikupas disangrai kemudian dinginkan, setelah dingin tumbuk kacang hingga halus.
2. Campurkan tepung terigu dengan susu bubuk dan baking powder, aduk hingga rata.
3. Kocok mentega dengan telur hingga adonan menjad putih. Kemudian masukkan garam dan vanilla, setelah adonan tercampur rata masukkan tepung terigu, kacang dan minyak goreng
4. Aduk adonan hingga rata dan remas-remas. Cetak adonan setebal 1 cm. Bentuk cetakan disesuaikan dengan cetakan yang anda miliki.
5. Susun adonan di loyang yang telah dioles dengan margarin
6. Panggang hingga setengah matang, angkat dan olesi bagian atas kue kacang dengan kuning teur. Panggang lagi hingga kue matang. Waktu memaggang ± 30 menit. Pakailah api kecil dalam memanggang.
Porsi untuk resep ini adalah 550 gr. Bagi anda yang pemula dan ingin membuat kue kering cobalah untuk mempraktekan resep kue kacang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar