Senin, 10 Februari 2014

Tahu Isi Renyah


Resep tahu isi adalah salah satu resep makanan khas Indonesia. Bahan tahu yang berasal dari kedelai menjadikan makanan ini menjadi makanan yang sehat dan berprotein tinggi. Tahu isi sering dijual oleh pedagang kaki lima bersama dengan makanan gorengan yang lain. Rasanya yang enak, gurih dan lezat menjadikan tahu isi menjadi makanan gorengan paling laris di pasaran. Walaupun begitu, banyak dari anda yang masih kurang mengetahui bagaimana cara membuat tahu isi ini.
Tahu isi mempunyai penamaan yang berbeda-beda. Di daerah Bandung, tahu isi sering disebut gehu atau toge tahu yang didasarkan atas isi dari tahu goreng tersebut yang terdiri dari tauge. Kemudian di daerah Jawa Tengah atau Yogyakarta, tahu isi sering disebut tahu susur karena bentuk isinya seperti susur atau sirih yang dikunyah oleh orang tua. Resep tahu isi yang sederhana akan kami berikan sebagai berikut.

Cara Membuat Tahu Isi

resep-tahu-isi-renyah
Pembuatan tahu isi sangat sederhana dan tidak rumit. Pencarian bahannya juga terbilang mudah. Bagi anda yang ingin membuat tahu isis sederhana, berikut ini adalah cara dan langkahnya.
Bahan :
- 10 buah tahu jenis tahu kuning berukuran 4×4 cm, digoreng sampai berkulit dan tiriskan
- 1 buah wortel berukuran sedang dan iris membentuk batang korek api
- 100 gr tauge yang telah disiangi
- 1 batang daun bawang yang telah diiris halus
- 1 batang daun seledri yang telah diiris halus
- 3 siung bawang putih, kemudian dimemarkan dan dicincang halus
- ½ sendok teh merica bubuk
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- 100 gr tepung terigu
- 20 gr tepung beras
- Merica secukupnya
- 200 ml air
Langkah :
- Untuk membuat isinya, pertama panaskan minyak sayur dan tumis bawang putih. Kemudian masukkan irisan wortel, tauge dan irisan daun bawang dan diaduk hingga sayuran layu. Selanjutnya diaduk rata dan tambahkan gula, garam dan merica secukupnya.
- Ambil sebuah tahu, diiris membentuk lubang, dan isi lubang tersebut dengan isi yang telah diolah dengan sedikit ditekan. Ulangi pada tahu yang lain.
- Untuk membuat bahan celupan, campurkan tepung terigu, tepung beras, merica dan air dan diaduk sampai rata dan menjadi adonan yang lembut.
- Celupkan tahu yang sudah diisi tersebut ke dalam adonan celupan dan goreng pada minyak hingga warna permukaannya menjadi kuning kecoklatan, angkat, tiriskan dan sajikan.
Cara yang sederhana bukan? Anda dapat menambahkan isi tahu dengan daging ayam yang telah dicincang atau dengan menambahkan kol yang telah diiris-iris. Jika anda menginginkan tahu isi yang pedas, dapat mencampurkan sambal atau irisan cabe ke dalam isinya. Resep tahu isi ini dapat memberikan referensi bagi anda yang menginginkan camilan atau lauk yang lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar