Senin, 10 Februari 2014

Resep Soto Banjar Spesial

Resep soto banjar adalah resep yang berasal dari adat turun temurun di kalangan suku Banjar, Kalimantan Selatan. Walaupun telah banyak modifikasi dari masakan ini, namun soto banjar asli tidak dapat dihilangkan ciri khas cita rasanya. Soto merupakan makanan khas Indonesia dengan berbagai varian sesuai dengan daerahnya. Di Jakarta terkenal dengan soto betawi, di Jawa Timur terkenal dengan soto lamongan, di Kudus ada soto Kudus, di Yogyakarta ada soto sapi dan di Makassar bentuk soto menjadi coto makassar. Soto banjar adalah varian soto yang sangat digemari oleh penikmat kuliner.

Ciri khas soto banjar adalah cita rasanya yang tinggi. Aroma rempahnya sangat terasa.Resep soto banjar tidak dikuasai oleh banyak orang. Ini terbukti jarang pedagang kaki lima yang menjajakan soto banjar. Hidangan soto banjar kebanyakan dijual secara eksklusif di rumah makan atau food court. Bagi anda yang ingin mencoba membuat soto banjar sendiri di dapur anda, berikut ini cara dan langkah membuat soto banjar asli.

Cara Membuat Soto Banjar

resep-soto-banjar
Eksklusifnya soto banjar tidak lain karena terdapat bumbu rahasia yang secara turun temurun digunakan oleh masyarakat suku Banjar dalam membuat soto ini. Oleh karenanya rasa soto ini sangat enak dan lezat. Cara dan langkah membuat soto banjar asli antara lain sebagai berikut.
Bahan :
- 1 ekor ayam dan potong menjadi 4 bagian
- Air 2 liter
- Susu cair 250 cc
- Pala ¼ butir
- Kayu manis 10 cm
- Cengkeh 2 butir
- Garam secukupnya
- Bawang merah 8 butir dan haluskan
- Bawang putih 5 siung dan haluskan
- Merica butir 1 sendok teh
- Minyak goreng
Langkah :
- Rebus air dan masukkan ayam ke dalam panci yang berisi air rebus, campurkan garam secukupnya sampai ayam matang dan berasa empuk. Sisakan air bekas rebusan ayam sekitar 1 ¾ liter sebagai kuah.
- Lepaskan daging dari tulangnya kemudian disuwir-suwir atau dipotong bentuk dadu.
- Siapkan wajan, panaskan sedikit minyak goreng dengan api yang sedang dan tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan kemudian angkat.
- Masukkan bumbu yang telah di tumis bersama dengan kayu manis, cengkeh dan pala ke dalam kuah ayam lalu didihkan. Kemudian tambahkan susu cair dan aduk rata agar tidak pecah. Angkat dan masukkan ke dalam mangkuk saji dan dapat ditambahkan sambal serta pelengkap.
Untuk bahan sambal dan pelengkap dapat disajikan terpisah. Jika perlu, dapat anda lengkapi dengan ketupat agar lebih menarik. Bahan pelengkap dapat berupa perkedel, kecap, daun seledri, daun bawang yang telah diiris-iris, bawang goreng, jeruk nipis dan soun. Sebagai makanan khas nusantara yang tidak diragukan lagi cita rasanya, resep soto banjar dapat dimanfaatkan untuk menghidangkan masakan keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar