Senin, 10 Februari 2014

Kue Semprit Enak


Resep kue semprit banyak dicari ketika mendekati hari raya. Kue semprit merupakan salah satu hidangan makanan ringan yang sering disediakan pada saat hari raya. Kue ini dapat juga digunakan sebagai camilan di saat santai dengan keluarga. Bagi yang belum mengetahui apa itu kue semprit, gambaran kue ini adalah berbentuk agak tipis dengan corak bunga dengan manisan kering di tengahnya. Rasanya gurih, nikmat dan lezat.
Tidak ada yang mengetahui asal usul kue semprit pertama kali. Namun asal mula kata ‘semprit’ kemungkinan berasal dari kata ‘spuit’ yang merupakan proses pembuatan kue dengan cara mencetak menggunakan plastik. Karena kesulitan melafalkan atau kebiasaan, maka lama kelamaan orang menyebutnya kue semprit. Untuk memperkaya referensi anda dalam menyiapkan hidangan hari raya, berikut ini kami sajikan resep kue semprit yang sederhana.

Cara Membuat Kue Semprit

resep kue semprit
Pada kue semprit, terdapat bahan manisan kering sebagai pelengkap rasa atau hiasan di tengahnya. Manisan yang sering dibuat dari sukade ini dapat juga diganti dengan coklat butir sesuai dengan selera anda. Berikut ini cara dan langkah membuat kue semprit.
Bahan :
- Tepung terigu dengan kandungan protein yang sedang, 350 gr
- Tepung maizena, 100 gr
- ½ sendok teh garam
- Gula bubuk, 200 gr
- Mentega, 200 gr
- Sukade, 50 gr
- 1 sendok teh vanilla bubuk
- 4 butir kuning telur
- 2 butir putih telur
- Margarin secukupnya, untuk olesan
Langkah :
- Pertama, mentega dikocok-kocok dengan gula bubuk setengah bagian hingga mengembang. Tambahkan bagian kuning telur satu per satu dan terus dikocok hingga tercampur rata.
- Masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanilla bubuk dan garam, diaduk sampai merata menggunakan sendok kayu
- Kocok bagian putih telur bersama dengan sisa gula bubuk hingga adonan kaku dan mengembang. Selanjutnya masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga merata.
- Siapkan loyang yang datar, olesi dengan margarin, dan siapkan plastik berbentuk segitiga yang sudah diberi spuit atau lubang berbentuk bintang. Kemudian semprotkan perlahan ke atas loyang, dan hiasi dengan sukade di bagian atasnya. Lakukan hingga adonan habis.
- Masukkan adonan yang telah disemprotkan ke atas loyang tadi kedalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang dan kering. Setelah matang, angkat dan biarkan menjadi dingin. Kue semprit siap dihidangkan dengan dipindah ke dalam toples.
Kue semprit selain enak, gurih dan lezat, juga mempunyai kandungan kalori sekitar 170 kalori. Walaupun bagus dan cocok untuk camilan, namun konsumsi kue semprit juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sajian kue semprit sangat cocok ditemani teh manis atau kopi susu. Resep kue semprit telah menjadi resep industri kue rumahan karena telah banyak dipasarkan dengan varian yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar