Senin, 10 Februari 2014

Resep Klepon Empuk


Resep klepon, klepon merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Semua orang Indonesia pasti pernah memakannya.Jajanan ini merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Jawa, namun saat ini klepon sudah banyak dikenal orang termasuk di luar negeri klepon, di Malasyia, Kalimantan, dan Sumatra klepon lebih dikenal dengan sebutan onde-onde. Onde-onde sendiri di Jawa merupakan makanan degan isi kacang hijau dan dtaburi dengan wijen.

Klepon berbentuk kecil dan bulat-bulat dengan rasa manis dan dibaur dengan parutan kelapa. Isi dari klepon sendiri yaitu gula merah cair. Klepon banyak kita temui di pasar-pasar tradisional, jajanan in memang cocok untuk teman minum teh dan kopi di sore atau pagi hari. Klepon yang sering dijumpai berwarna hijau, warna hijau ini bisa kita ganti dengan warna lain sesuai dengan selera. Bahan pewarna yang digunakan biasanya dengan menggunakan pewarna alami yaitu daun suji. Resep klepon saat ini sudah mengalami banyak perkembangan dan modifikasi, anda bisa membuat klepon sendiri sesuai selera anda.

Cara Membuat Klepon

resep klepon
Jika anda penyuka makanan tradisional, cobalah sekali-kali untuk membuat makanan tradisonal sendiri seperrti kue klepon. Bahan yang digunakan untuk membuat klepon tidak lah sulit dan mudah untuk didapatkan. Adapun bahan dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut.
Bahan:
- 250 gr tepung ketan
- 50 gr tepung beras
- pasta pandan 1 sendok teh
- air matang 280 ml
- gula merah 200 gram, iris halus
- ½ butir kelapa, diparut panjang
- garam ¼ sendok teh
- daun pandan 2 lembar
- air kapur 2 sendok teh
- Pewarna hijau
Cara membuat air kapur yaitu dengan melarutkan ¼ sendok teh kapur sirih kedalam 50 ml air, kemudaian diendapkandan ambil air yag berwrna bening.
Pewarna hijau bisa dbuat dengan mengunakan daun suji ambil beberapa helai daun suji lalu rebus menggunakan air hingga mendidih dan ai berubah warna menjadi hujau.
Langkah Pembuatan:
1. Campur tepung ketan dan tepung beras, diaduk hingga rata. Setelah rata ditambah dengan pasta pandan, tuangkn ar kapur dan air yang sudah matang, sedikit-sedikit. Tambahkan pewarna hijau secukupnya. Aduk adonan hingga rata dan adonan bisa dibentuk.
2. Adonan tadi jika sudah jadi dibentuk bulat-bulat dan diisi dengan gula merah yang sudah diiris kecil-kecil. Setelah adonan sudah terbentuk semua masukkan adonan kedalam air panas yang mendidih, dan biarkan hingga adonan terapung, setelah itu angkat lalu tiriskan.
3. Parutan kelapa, daun pandan dan garam dicampur, lalu di kukus selama sekitar 10 menit, lalu angkat dan sisihkan.
4. Adonan yang sudah matang dbaluri dengan parutan kelapa yang sudah dikukus tadi hingga menempel. Sajikan kue klepon di piring saji.
Resep diatas akan menghasilkan kue klepon untuk 4-5 orang. Jika anda ingin membuat dalam porsi besar anda tinggal menambah porsi bahan-bahannya saja.Bagi anda yang tetarik silahkan untuk mencobe resep klepon ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar