Senin, 10 Februari 2014

Resep Sambal Terasi Goreng


Resep sambal terasi menjadi resep kesukaan orang Indonesia yang sangat menyukai masakan dengan cita rasa pedas. Lidah Indonesia yang akrab dengan rasa pedas menjadikan sambal sebagai makanan pelengkap utama hampir pada semua makanan utama. Sambal terasi merupakan campuran antara sambal dengan terasi. Terasi yang pada umumnya terbuat dari campuran ikan dan udang yang kemudian difermentasikan. Terasi memberikan aroma khas pada sambal yang membuat orang tertarik.

Sambal terasi sering digunakan sebagai pelengkap makanan ayam goreng atau ikan goreng. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai pelengkap masakan sayur seperti sayur sop atau sayur bening. Resep sambal terasi dipercaya telah ada sejak jaman dahulu dan turun temurun. Selain aroma yang khas, terasi dapat menjadikan rasa sambal lebih enak dan menggigit. Bahkan sambal terasi yang diproduksi dengan kemasan telah banyak terdapat di pasaran.

Cara Membuat Sambal Terasi

resep-sambal-terasi
Sambal tidak akan disebut sebagai sambal jika tidak memberikan rasa pedas yang menggigit. Oleh karenanya, jumlah cabai yang digunakan untuk membuat sambal sangat menentukan. Terasi memberikan tambahan aroma dan rasa yang pas dan menantang. Berikut ini cara dan langkah untuk membuat sambal terasi yang pas di lidah anda.
Bahan :
- Cabai merah berukuran besar, 10 buah
- Cabai rawit merah, 10 buah
- Bawang merah, 5 siung
- Terasi yang sudah matang, 1 sendok makan
- Gula merah secukupnya
- Tomat berukuran besar, 1 buah
- Daun salam, 3 helai
- Serai, 1 batang dan digeprek
- Lengkuas, 3 iris dan digeprek
- Minyak goreng, 5 sendok makan
Langkah :
- Cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan terasi dihaluskan dan diratakan dengan menggunakan ulekan atau blender.
- Panaskan minyak goreng dan masukkan tomat yang telah diiris tipis, biarkan hingga matang. Kemudian campurkan gula merah, bumbun halus, garam dan bahan lainnya lalu aduk hingga merata.
- Tumis semua bahan dengan api yang sedang sampai tercampur dan benar-benar matang.
- Jika sudah matang, sambal dapat disajikan dalam mangkuk.
Pembuatan sambal terasi dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat akan menghasilkan sambal terasi yang mantap dan menggigit. Sambal terasi mempunyai pasangan lalapan. Jika anda membuat sambal terasi, jangan lupa menyediakan lalapan seperti mentimun, kol atau daun kemangi. Resep sambal terasi ini sangat mudah dibuat dan semua orang dapat mencobanya sebagai pelengkap masakan utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar