Sabtu, 15 Februari 2014

bubur Biji Salak


Kali ini kita akan membahas resep bubur biji salak. Sebelumnya jangan tertipu dengan namanya. Bagaimana mungkin biji salak yang keras itu bisa dibikin jadi bubur. Dan memang benar, ini hanya namanya saja. Kita tidak menggunakan biji salak sebagai bahannya, tapi memang karena bentuknya seperti biji salak. Bubur biji salak ini bisa anda buat dengan bahan yang mudah ditemui di dapur. Berikut ini resep cara membuat bubur biji salak.


Bahan-bahan Yang Diperlukan:

·         750 gr ubi jalar
·         125 gram tepung sagu
·         ½ sendok teh garam
·         200 gram gula merah
·         2 sendok makan gula pasir
·         1500 ml air
·         3 lembar daun pandan
·         1 sdm sagu

Bahan Untuk sausnya:

·         750 ml santan dari 1 butir kelapa
·         ½ sendok teh garam
·         1 lembar daun pandan

Bagaimana Cara Membuat Bubur Biji Salak?

Pertama, siapkan dulu saus santannya. Masukkan santan dan garam ke dalam panci, sambil diaduk di atas api kecil. Pastikan anda mengaduknya hingga santan sudah tidak terlihat pecah-pecah lagi. Ketika saus sudah mengental, matikan api kemudian sisihkan saus yan gsudah jadi tersebut.

Kedua, kita membuat buburnya. Ambil ¾ ubi jalar, cuci bersih dan kupas, kukus kemudian haluskan, kemudian campur dengan tepung sagu dan garam. Uleni hingga rata. Selanjutnya bentuk adonan menjadi bulat atau lonjong seperti biji salak. 

Sementara itu jadi, didihkan air, gula merah dan daun pandan. Lalu masukkan adonan yang sudah dientuk itu, kemudian masak hingga matang dan mengapung. Masukkan larutan sagu kemudian adk sejenak hingga kental. (untuk membuat larutan sagu ini, larutkan 1 sdm sagu ke dalam sedikit air). Matikan api, dan bubur biji salak pun siap dihidangkan. Hidangkan dalam keadaan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar