Jumat, 14 Maret 2014

Okonomiyaki "Rasa Lokal^^"

Berhubung keluarga saya paling cocok dengan selera nusantara, maka resep okonomiyaki yg khas dengan saus-nya itu pun saya rombak sesuai bahan-bahan tersedia dan selera lokal.. overall.. keluarga saya suka 

Okonomiyaki "Rasa Lokal^^"

Bahan:
Batter:
100 gr terigu
1 btr telur
150 ml air kaldu ayam/daging
1/4 sdt bawang putih halus
1/4 sdt jahe halus
garam, gula, ketumbar dan merica secukupnya

Isi:
1/2 bh bawang bombay uk. besar, iri tipis, tumis hingga kecoklatan
1/2 bh kol, iris tipis
ayam suwir secukupnya
daun bawang & seledri secukupnya, cincang
1 genggam cornflakes
1 genggam mie kuning basah
1 butir telur, buat dadar

Topping:
1/2 sdm kecap+sedikit saos tiram+saos teriyaki, Saos tomat/sambal, keju cheddar parut dan mayones

Cara membuat:
1. Aduk semua bahan adonan hingga tercampur rata, adonan tidak terlalu kental tapi tidak terlalu encer. Diamkan 30 menit.
2. Tuang satu sendok sayur adonan ke wajan datar yang sudah dipanaskan dan dioles sedikit minyak. kecilkan api. Taburi atasnya dengan irisan kol, cornflakes, bawang bombay, daun bawang, seledri dan ayam suwir. Siram sisa adonan tepung diatasnya. Balikkan dengan bantuan dua buah spatula, biarkan beberapa menit hingga sayuran layu. Tekan/press okonomiyaki dengan punggung spatula hingga pipih.
3. Sementara itu siapkan mie basah, beri sedikit garam. Tempatkan mie bersaos di atas wajan datar yang berbeda, bentuk bundar, hidupkan api kecil.
4. Pindahkan dan tumpuk okonomiyaki ke atas mie, balikkan. Matikan api. Taruh telur dadar diatasnya. Oles dengan saos kecap, taburi keju. Beri topping saos dan mayones.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar