Minggu, 04 Mei 2014

Tiga Bahan Makanan Bisa Gantikan Penyedap Masakan

detail berita
MASAK bukan lagi sebatas memikirkan soal enak, tapi manfaat sehat untuk tubuh. Sebagian orang enggan memakai penyedap masakan dan menggantinya dengan bahan tertentu. Apa saja?

Sebagian yang menolak penggunaan bahan penyedap masakan menilainya tidak sehat untuk tubuh. Ini berbeda dengan mereka yang setia menggunakannya, di mana bahan penyedap mampu memberi rasa serta aroma sedap pada masakan.

"Jika tak mau pakai penyedap makanan, banyak bahan makanan yang bisa dipakai sebagai penggantinya. Anda bisa mempergunakan gula, air kaldu, serta bumbu rempah," kata Indra, Executive Chef Hotel Ibis Mangga Dua, kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Bahan pertama adalah gula. Menurut Chef Indra, gula memang memiliki rasa manis. Rasa inilah yang mampu membuat masakan lebih enak.

Kemudian, bahan kedua adalah air kaldu. Untuk air kaldu, sebenarnya bisa mempergunakan segala macam jenis daging sebab bisa menghasilkan rasa gurih. Dalam pemakaian air kaldu, Chef Indra menegaskan agar Anda membuatnya dengan cara benar.

"Air kaldu ada yang memakai tambahan sayuran atau sebatas tulang, sesuaikan dengan selera saja," imbuhnya.

Bila menggunakan sayuran, tambahnya, air kaldu tidak bisa bertahan lama karena di dalam sayuran terdapat gas. Ini membuat air kaldu cepat basi.

Terakhir adalah bumbu rempah. Jika tak suka penyedap, bumbu rempah bisa jadi solusi, seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, serta biji pala.

"Penggunaan bumbu rempah jangan terlalu banyak karena punya aroma yang tajam. Otomatis, makanan yang dibuat akan tidak enak," tutupnya. (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar