Minggu, 04 Mei 2014

Resep Membuat Bakso

Sudah tidak dapat di ragukan lagi, bahwa Baksomerupakan makanan khas Indonesia yang patut untuk di lestarikan, bagaimana tidak makanan berbahan dasar daging sapi ini sudah terkenal hingga berbagai wilayah di Indonesia. Bakso Malang, Bakso Solo, Bakso Kota, dan berbagai macam jenis dan nama bakso terkenal melekat di hati masyarakat Indonesia. Sebenarnya bagaimana sih cara membuat bakso kenyal dan enak? dan bagaimana cara memilih daging sapi yang baik?

Untuk membuat resep bakso sangatlah mudah, langkah pertama adalah silahkan pilih daging sapi terbaik, bagaimana mengetahui daging sapi yang baik untuk membuat bakso? silahkan perhatikan tips memilih daging sapi, dikutip dari situs Kementrian Pertanian, Perhatikan Warna Daging, Tekstur Daging, Bau/Aroma, Keempukan, Tidak Berair, Kandungan Lemak, Cek Sertifikat Halal. Nah setelah memilih daging terbaik saatnya kita membuat resep bakso kenyal dan enak disini. Pertama-tama persiapkan bahan-bahannya seperti:

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso:

  • 1 kg daging sapi giling
  • 1 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 senduk makan garam
  • 1/2 sendok teh merica
  • bubuk penyedap rasa secukupnya
Resep Bakso

Cara Membuat Bakso:

  1. Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, sesuai selera.
  5. Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. (*bagaimana tandanya bakso itu matang?) Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan. Selesai.
Sebenarnya mudah membuat bakso dengan rasa enak dan tidak kalah dengan warung-warung bakso langganan anda. Simpel sekali bukan? cupcake artistsberusaha menyajikan informasi sedetail mungkin dan semoga informasi mengenai cara membuat bakso enak dan kenyal ini bermanfaat untuk anda semua, silahkan mencoba ^_^

1 komentar: